24/03/2017

Cara membuat bubur ayam sederhana

Bubur ayam menjadi menu sarapan sederhana yang murah dan enak. Salah satu dari aneka masakan tradisional ini banyak kita temukan di pedagang kaki lima atau di pedagang yang keliling. Sebagai menu sarapan maka kebanyak dari pedagang bubur ayam ini berjualan pada pagi hari, sehingga cukup sulit ditemukan pada sore hari. Namun demikian pembuatan bubur ayam ini sebenarnya cukup mudah dan sederhana. Berikut petunjuk cara membuat bubur ayam yang enak dan simple.

bubur ayam sederhana


Letak kelezatan bubur ayam ada pada kaldu dan daging ayam suwir. Meskipun banyak kita temukan di pedagang kaki lima keliling maupun di pasar pasar, namun sebenarnya anda bisa lho membuat bubur ayam sendiri. Caranya cukup mudah dan tidak memerlukan waktu pengerjaan yang lama. Yuk mencoba buat bubur ayam sendiri. Lihat juga

Bahan bahan yang diperlukan

Nasi pulen : kira kira 5 centong
Daging ayam : 1 potong dada
Bawang putih : 2 siung
Daun bawang : sekitar 3 buah, iris miring
Air : kira kira 2 liter

bahan bumbu pelengkap

kecap asin, merica bubuk, gula, garam, dan bawang goreng : secukupnya

Cara bikin bubur ayam sederhana
  1. Langkah pertama adalah rebus daging ayam hingga matang, jangan lupa masukkan bawang putih yang telah dihaluskan dan tambahkan garam sedikit.
  2. Setelah daging empuk, angkat dan tiriskan, sementara kaldunya bagi menjadi 2 bagian.
  3. Langkah berikutnya buat bubur, masukkan air sekitar 1,5 liter + setengah kaldu + 1 siung bawang putih halus. Gunakan api sedang, jangan lupa aduk aduk terus hingga menjadi bubur yang lembut.
  4. Setelah daging ayam hangat, lantas suwir suwir
  5. Tumis dengan sedikit minyak 2 siung bawang putih halus, masukkan ayam suwir dan aduk aduk. Lantas masukkan juga kecap asin, kecap manis, merica dan garam secukupnya. Aduk aduk hingga warna daging ayam suwir sedikit kecoklatan. Coba cicipi dan angkat.
Saran penyajian

Ambil mangkok gambar ayam, masukkan bubur, tambahkan daging ayam suwir, kaldu, irisan daun bawang, dan jangan lupa bawang goreng.

Bubur ayam sangat enak dimakan saat hangat. Bisa juga dilengkapi dengan kerupuk nasi uduk. Bubur ayam menjadi resep masakan sederhana yang lumayan lezat. Pelajari juga cara membuat masakan ayam suwir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar