26/04/2020

pilihan bayar pajak dan STNK tanpa membawa BPKB

Pajak motor 5 tahunan merupakan pergantian masa STNK yang telah habis waktunya. Lembar STNK diberikan yang baru oleh Samsat dengan masa waktu 5 tahun kedepan sejak bayar pajak terakhir. Dengan kata lain membayar pajak motor sekaligus memperpanjang STNK kalau sudah 5 tahun. STNK lama yang sudah penuh stampel pada kolom pengesahan akan diganti dengan yang baru.

Kalau kita bayar pajak motor tahunan, di kolom PENGESAHAN akan distempel sebagai tanda memperpanjang STNK. Kalau perpanjang STNK 5 tahunan beda lagi, sekalian ganti STNK juga ganti pelat nomor. Kalau perpanjang 5 tahunan harus dilakukan cek fisik meliputi esek-esek nomor mesin dan sasis. Namun ketika mau bayar pajak motor harus dilengkapi beberapa persyaratan.

bayar pajak dan STNK


Persyaratan yang disertakan yatu KTP atau SIM dan BPKB. Bagaimana jika perpanjang pajak tahunan tidak membawa BPKB, misalnya lupa dibawa atau masih disimpan pihak leasing. Untuk itu, bagi yang mau bayar pajak tahunan tanpa BPKB pilih cara online. Hanya butuh KTP dan STNK asli. Berikut ini pilihan bayar perpanjang plat motor tanpa bpkb

Cara Pembayaran Lewat Transfer ATM

Untuk transaksi pajak kendaraan bermotor lewat ATM, berikut langkah untuk pembayarannya:
  1. Kunjungi mesin ATM terdekat
  2. Pilih menu “Bayar” lalu ke “Menu Lainnya”
  3. Kemudian pilih menu “Pajak / Penerimaan Negara”
  4. Pilih menu “e-Samsat”
  5. Lalu masukkan Nomor Polisi (Nopol) atau ikuti petunjuk di ATM
  6. Bayar PKB
  7. Simpan struk pembayaran lewat ATM
Cara lain membayar perpanjang STNK di ATM, kamu perlu melakukan verifikasi data untuk pembayaran pajak kendaraan melalui web e-SAMSAT sebagai berikut:
  1. Masuk ke portal http://samsat-pkb.jakarta.go.id/cek-ranmor+pajak-dki
  2. Masukkan kode, dan dapatkan konversi Nopol
  3. Bayar ke ATM mengikuti langkah yang dijelaskan pada web e-SAMSAT
  4. Simpan struk pembayaran PKB Anda

Perpanjang STNK Via Jaringan Minimarket

Perpanjang STNK alias bayar pajak tahunan pun kian mudah karena bisa dilakukan melalui retail minimarket Indomaret. Langkah ini hanya tersedia di beberapa provinsi, salah satunya Jawa Timur untuk pembayaran pajak kendaraan melalui Payment Point Online Bank (PPOB). Dengan adanya 16.000 gerai Indomaret yang tersedia di seluruh Indonesia, maka semakin memudahkan masyarakat untuk melakukan transaksi di mana pun.

Pembayaran pajak via ATM atau Indomaret ini dilakukan dengan harapan dapat terhindar dari percaloan yang marak terjadi di kantor SAMSAT. Hal ini juga menghilangkan korupsi penerimaan pajak. Tentunya memberikan kenyamanan bagi para Wajib Pajak dan juga ketepatan perhitungan pajak yang akan dibayarkan.
Cara bayar pajak via minimarket Indomaret:
  • Datang ke Indomaret terdekat dengan membawa STNK asli motor atau mobil yang akan dibayarkan pajaknya beserta KTP pemilik.
  • Kasir akan menanyakan data diri, mulai dari nomor KTP, nomor polisi kendaraan, nomor mesin kendaraan dan nomor HP wajib pajak
  • Setelah data lengkap, kemudian muncul nominal pajak yang harus dibayarkan. Pemilik kendaraan lantas tinggal menyetorkan uang sebesar pajak yang harus dibayar ke kasir Indomaret.
  • Wajib pajak akan menerima struk bukti pembayaran dan SMS bitly yang berisi ERI (Electronic Registration and Identification).
  • Klik SMS bitly tadi, maka akan muncul gambar Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (e-TBPKP) yang dilengkapi dengan barcode (QR code). Ini menjadi tanda bukti pelunasan pajak kendaraan dan bukti pengesahan STNK yang bisa disimpan atau dicetak.
Lembar atau QR Code ini membuat pemilik kendaraan tidak tidak perlu balik ke Samsat lagi untuk mencetak Tanda Bukti Pelunasan Kewajiban Pembayaran (TBPKP). Print out e-TBPKP ini sah di kepolisian sekalipun mencetak sendiri di rumah.
Adanya print out e-TBPKP ini sebenarnya sudah cukup membuktikan bila perpanjang STNK sudah dilakukan. Namun, alangkah baiknya bila kamu tetap ke SAMSAT untuk melakukan pengesahan STNK secara manual dengan membawa print out e-TBPKP tadi. Kadang pihak kepolisian hanya mau melihat pajak hidup atau tidak dengan melihat cap pengesahan di lembar STNK.

Pengambilan Lembar Pajak dan Pengesahan STNK

Apabila melakukan pembayaran melalui ATM, pemilik kendaraan akan mendapat struk yang berisi data untuk pengesahan STNK. Serahkan struk ini ke kantor SAMSAT terdekat, termasuk SAMSAT Keliling. Jangan lupa, bawa STNK asli dan KTP atau identitas diri yang berlaku untuk verifikasi data pemilik kendaraan oleh petugas.

Batas waktu penukaran struk pembayaran yaitu 30 hari setelah transfer dilakukan. Apabila tidak dilakukan pengesahaan STNK maka kendaraan dinyatakan tidak sah secara operasional. Kamu terpaksa harus membayar ulang di kantor SAMSAT berikut denda apabila waktu perpanjang STNK telah jatuh tempo. biaya kursus mengemudi natuna

Tidak ada komentar:

Posting Komentar