01/02/2017

Petunjuk lengkap cara memilih ban mobil

Ban merupakan alat penopang kendaraan yang mempunyai banyak tugas penting yakni untuk keselamatan dan kenyamanan, berikut tips lengkap bagaimana cara memilih ban untuk mobil anda, baik itu mobil pribadi maupun kendaraan besar seperti truk dan bus. Sehingga apapun jenis mobil anda sudah semestinya memakai kualitas ban yang terbaik.

cara memilih ban mobil


Saat ini cukup banyak di jual berbagai merek ban, Saat anda mencari di toko khusus aksesoris ini akan anda temukan di toko dari ban motor hingga sampai untuk kendaraan besar seperti ban truk banyak ditemukan dipasaran, bahkan harga ban motor juga tersedia dari harga murah hingga harga termahal. Demikian juga dengan harga ban mobil dari harga ratusan ribu hingga yang jutaan bisa anda beli di pasaran. Meskipun demikian sebenarnya penggunaan ban kendaraan ini sudah direkomendasikan oleh pabrikan kendaraan, sehingga tipe maupun jenisnya sudah cukup jelas. Lihat juga harga ban motor.

Khusus jenis ban untuk kendaraan dengan daya angkut besar atau mobil untuk muatan barang, tersedia dua tipe ban yang bisa anda pilih yakni ban radial dan jenis lainnya adalah ban bias, tentunya keduanya mempunyai penggunaan secara terpisah tergantung dari jenis kendaraan anda dan jalanan yang paling sering dilalui. Sehingga saat memilih ban juga harus berdasarkan pada peruntukannya. Perhatikan juga umur ban mobil anda jangan sampai melewati batas pemakaian.

Untuk lebih jelasnya, yuk kita sama sama lihat apa sebenarnya fungsi ban kendaraan, sehingga anda bisa menyesuaikan dengan penggunaan mobil anda. Berikut kegunaan ban secara umum :

  • Untuk menopang beban kendaraan anda.
  • Mentransmisikan traksi dan daya pengereman terhadap medan jalan.
  • Menyerap benturan jalan, sehingga anda tidak meloncat loncat saat melewati jalan berbatu.
  • Mengubah dan menjagaarah perjalanan atau laju mobil

Setelah mengetahui kegunaan ban secara umum tersebut, maka tentunya anda mempunyai masukan bagaimana cara memilih ban sehingga fungsinya benar benar nyata diterapkan untuk kendaraan anda. Meskipun kembang ban yang lentur dan elastis lebih nyaman digunakan, namun kalau terlalu berlebihan justru tidak baik, karena kembang ban akan cepat terkikis, bahkan lebih parah lagi pengikisan biasanya tidak merata. Sehingga karet kembang ban yang sedikit lentur tentu akan lebih nyaman dan tentunya lebih irit karena tidak cepat aus.

Beberapa hal penting yang harus anda perhatikan saat memilih dan membeli ban

  • Perhatikan ukuran dan juga tipe ban, hal ini cukup penting sebab pabrikan telah melakukan riset dalam menentukan model ban, sehingga jika anda memodifikasi tentunya akan mengurangi kenyamanan bahkan keselamatan anda.
  • Berfikirlah 1000x jika anda ingin gagah gagahan dengan mengganti ukuran lebar ban kendaraan anda, entah itu sepeda motor atau mobil pribadi, karena akan berdampak pada keselamatan anda sendiri dan pengguna jalan lainnya.
  • Meskipun dipasaran banyak dijual ban racing dengan pola tapak yang aneh, namun pada banyak penelitian hanya pola tapak model V yang paling nyaman dan aman.
  • Banyak mobil mobil pribadi seperti honda jazz yang menggunakan ban tipis, memang cukup keren dan spotif namun jika anda sering melewati jalan rusak, lebih baik gunakan yang standar saja. Ban dengan ketebalan yang minim akan nyaman jika melewati jalan yang rata saja, sehingga mobil mobil hatchback seperti toyota yaris juga mesti memikirkan hal demikian.

Dengan memperhatikan penggunaan ban yang benar, tentunya berdampak langsung pada kenyamanan dan keselamatan anda saat di perjalanan. Baca juga toyota agya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar