12/05/2017

Inilah manfaat sinar matahari bagi kehidupan sehari-hari

Tahukah anda bahwa sinar matahari sangat bermanfaat bagi kehidupan makluk hidup khususnya manusia untuk menunjang kehidupan sehari hari. Beragam kegiatan manusia tidak akan terwujud tanpa bantuan sinar matahari, dengan demikian kita yang hidup di daerah tropis seperti di Indonesia ini sangat bersyukur karena bisa memanfaatkan sinar matahari secara leluasa. Namun demikian ternyata tidak semua sinar matahari memberikan efek positif bagi kehidupan kita, salah satunya adalah sinar ultra violet baik yang UVA maupun UVB dapat menghitamkan kulit anda, sehingga kaum wanita mesti berusaha untuk mencari cara merawat kulit agar putih.

manfaat sinar matahari


Lantas apa saja sih manfaat sinar matahari untuk menunjang kehidupan sehari hari. Dengan mengetahui manfaatnya sekaligus kekurangan atau kerugian sinar matahari terhadap kehidupan, niscaya anda akan bisa memaksimalkan manfaat sinar matahari dan meminimalkan pengaruh buruknya. Berikut berbagai manfaat sinar matahari bagi kehidupan manusia.

  1. Tahukah anda jika sinar matahari bisa mampu membantu membunuh racun dalam tubuh, terutama jam 7 pagi hingga jam 10 siang.
  2. Pembuatan sel darah putih dalam tubuh terwujud berkat bantuan sinar matahari tanpa anda sadari. Seperti diketahui bahwa sel darah putih mempunyai fungsi utama sebagai tentara tubuh.
  3. Sinar matahari pagi bisa membantu mengurangi dampak beberapa penyakit serius, seperti : tekanan darah tinggi, membantu mengurangi kolesterol jahat, dan dapat membantu mengurangi resiko penyakit diabetes tipe 1 pada anak.
  4. Meskipun vitamin D bisa anda dapatkan dari makanan, namun sumber utama vitamin D adalah sinar matahari pagi, sehingga kebiasaan berjemur pada jam jam sehar sangat dianjurkan.
  5. Paparan sinar matahari pagi bahkan mampu membantu menghilangkan jerawat anda.
  6. Perlu diketahui bahwa saat berjemur maka suhu badan sedikit meningkat dan hal ini tentunya mampu meningkatkan peredaran darah anda, jika demikian bagi penderita penyakit jantung biasakan untuk selalu berjemur pada pagi hari.
  7. Anda mempunyai balita, saya sarankan untuk menjemurnya pada pagi hari sekitar jam 7 pagi, karena sinar matahari pada jam jam tersebut mampu membantu pertumbuhan tulang dan gigi buah hati anda.

Tentunya masih cukup banyak manfaat dari sinar matahari. Untuk langkah terbaik tentunya membiasakan diri berjemur pada pagi hari harus mulai menjadi kebiasaan anda dari sekarang. Ingin artikel lainnya, coba baca kuliner paling dicari

Tidak ada komentar:

Posting Komentar