21/06/2019

CARA MEMBUAT TANAMAN HIDROPONIK DI RUMAH UNTUK PEMULA

Tanaman hidroponik merupakan salah satu sistem penanaman pohon dengan tanpa media tanah. Pada umumnya tanaman hidroponik merupakan tanaman dengan basis akar serabut dan tanaman kecil. Sebagian besar merupakan tanaman sayur sayuran untuk kebutuhan sehari hari. Tentang hasil tanaman hidroponik ini lebih hijau dan lebih segar, sehingga kebun sayuran hidroponik ini lebih menarik peminat pembeli.

TANAMAN HIDROPONIK DI RUMAH


Kebun sayuran hidroponik lebih banyak diminati karena tidak perlu menggunakan pertanahan yang luas atau tanah kebun pada umumnya. Bahkan ditempat manapun bisa digunakan untuk tumbuhan hidroponik ini. Sering juga kita temukan ladang ladang sayuran hidroponik di areal perumahan warga, meskipun hanya untuk sekedar dikonsumsai sendiri hasilnya. Namun demikian jika ingin buka usaha dengan sistem hidroponik ini tentunya mesti belajar lebih serius dan mempunyai sedikit pengalaman.

Hal paling petnting dalam berkebuh dengan sistem hidroponik adalah metode pendistribusian nutrisi dalam hal ini pupuk. karena seperti kita tahu bahwa pohon hidroponik mendapatkan nutrisi dari asupan secara manual, sehingga takaran nutrisi atau pupuk harus pas, tidak boleh berlebihan maupun kekurangan nutrisi. Berbeda dengan media tanah yang tumbuhan bisa mencari sendiri di dalam tanah. Sehingga hanya memerlukan penambahan sedikit nutrisi.

baca juga List Harga Kasur Busa Royal Terbaru

Lantas bagaimana sih cara membuat tanaman hidroponik itu. Pada hakekatnya tanaman hidroponik lebih simple dan praktis, karena lebih bersih dan tidak memerlukan media tanah sama sekali. Nah untuk lebih jelasnya berikut saya kutipkan dari sumber terpercaya cara bikin tanaman sayuran hidroponik khususnya bagi pemula :

⇒Anda bisa menggunakan botol bekas minuman bersoda seperti coca cola, sprite, maupun fanta kapasitas 1 1/2 liter
⇒Lantas potong setengah lebih sedikit botol menjadi dua bagian. ⇒Tutup botol tidak digunakan jadi biarkan terbuka tanpa tutup
⇒Kemudian tempatkan sedemikian rupa sehingga bagian tutup botol berada di bagian bawah
⇒Bagian botol yang atas untuk tanaman dan bagian bawah untuk tempat nutrisi
⇒Botol bagian atas isi dengan busa atau bahan yang mudah menyerap lainnya seperti rockwool
⇒Sedangkan tutup botol yang terbuka isi dengan beberapa sumbu kompor sehingga terhubung antara media busa hingga bagian bawah botol yang terisi nutrisi

sumber : https://saelekko.com/kebun-hidroponik-sayuran-hijau/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar