28/07/2019

Nih coba resep cilok bumbu kacang untuk jualan pedagang keliling

Jajanan cilok bumbu kacang murah dan enak. Cilok saus kacang kecap ini disukai anak anak hingga orang dewasa. Nih silahkan coba resep cara buat cilok bumbu kacang untuk jualan di rumah maupun disekolahan. Pelajari secara lengkap resep cilok bumbu kacang untuk jualan komplit dengan cara bikin bumbu kacang cilok anak anak.

resep cilok bumbu kacang


Siapa yang tak tahu cilok? Jajan murah yang disukai semua kalangan ini memang merupakan jajanan wajib. Aneh rasanya jika di depan sekolah atau kampus bahkan kantor tak nampak tukang jualan cilok. Cilok adalah jajan yang berbentuk bulat dengan tekstur kenyal. Hampir sama dengan bakso, namun bahan dasarnya beda. Jika bakso komposisi dagingnya banyak dengan sedikit tepung, maka cilok sebaliknya. Banyak tepung sedikit daging, bahkan ada yang sama sekali tidak ada daging. Oleh karena itu tekstur cilok jauh lebih kenyal daripada bakso. Coba juga belajar cara bikin bakso

Cilok sendiri sama seperti jajanan pinggir jalan lainnya, tidak jelas asal muasalnya. Tapi banyak yang bilang kalau cilok berasal dari Bandung. Penamaan cilok, dilansir dari Wikipedia, berasal dari kata aci dan dicolok. Dikatakan aci karena bahan utama adalah tepung tapioka yang dalam bahasa Sunda disebut aci dan dihidangkan dengan cara dicolok.

Cilok memang banyak macam dan variasinya. meski beraneka ragam, namun cara membuat cilok kebanyakan tak jauh beda dari cara membuat cilok kuah hingga cara membuat cilok isi yang enak. Di artikel kali ini, mari kita cara membuat cilok yang biasanya dijual oleh pedagang keliling atau bisa saja dipanggil dengan cilok Bandung.

Cilok merupakan salah satu menu jajanan murah yang banyak di jual di jawa barat. jajanan cilok paling enak saat ini yakni cilok bandung. namun sekarang resep cilok bandung sudah bisa anda coba dan buktikan mencoba bikin sendiri. Nah bagi anda yang ingin mencoba membuat cilok sendiri, yuk bisa coba membuatnya dengan resep cilok enak berikut :

Bahan bahan cilok bumbu kacang untuk jualan
⇒Tepung terigu 100 g
⇒Tepung tapioka 100 g
⇒Bawang putih 1 siung (haluskan)
⇒Daun bawang 1 batang (iris halus)
⇒Merica bubuk 1/2 sendok teh
⇒Gula pasir secukupnya
⇒Penyedap rasa sapi 1 sdt
⇒Garam 1 sdt
⇒Air panas 200 ml

Cara membuat cilok bumbu kacang untuk jualan
⇰Campur tepung terigu dengan bawang putih, daun bawang, merica bubuk, gula pasir, penyedap rasa, dan garam.
⇰Kemudian tuang air panas secara perlahan sampai dirasa adonan cukup basah dan mengental.
Lalu masukkan tepung tapioka.
⇰Uleni dengan tangan perlahan-lahan hingga rata.. Kemudian bentuk bulat-bulat kecil.
⇰Didihkan air. Lalu masukkan cilok yang telah dibentuk ke dalam air. Jika cilok sudah mengapung maka tandanya sudah matang.

Cara membuat bumbu kacang cilok
⇒Bahan bahan bumbu kacang cilok
⇒Kacang tanah 100 g. Goreng
⇒cabe rawit merah 7 buah
⇒Gula merah 4 sdm
⇒Bawang putih 2 siung
⇒Air asam jawa 1 sdm
⇒Garam 1 sdt
⇒Minyak secukupnya
⇒Air 200 ml

Cara membuat bumbu kacang cilok
⇰Tumbuk kacang hingga halus lalu tambahkan cabe, gula merah, bawang putih, air asam jawa, dan garam.
⇰Setelah itu kemudian tumis dengan minyak goreng sedikit saja. Tumis hingga baunya semerbak

sumber artikel : https://saelekko.com/cara-membuat-cilok-bumbu-kacang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar