13/06/2020

Bahaya, telur infertil dijual pedagang secara sembarangan

Telur infertil adalah telur yang seharusnya menjadi bibit awal anak ayam, namun gagal menetas dalam proses pengeraman. Telur infertil pun tidak untuk dikonsumsi. Telur infertil diproses untuk menjadi day old chick (DOC) atau yang disebut sebagai bibit.

telur infertil


Ciri-ciri Telur Infertil dan Cara Membedakannya dengan Telur Konsumsi. Bagaimana ciri-ciri telur infertil dan bagaimana membedakannya dengan telur ayam yang biasa kita konsumsi?

Bagaimana membedakan telur ayam infertil dengan telur ayam biasa atau biasa telur ayam konsumsi?. Cukup banyak resep olahan telur, sehingga mensti hati hati saat membeli telur harga murah.

Telur infertil adalah telur yang tidak berhasil menjadi ayam dalam proses pengeraman. Meski tak berbahaya, telur ayam infertil tidak untuk dikonsumsi.


Salah satu cirinya, dapat dilihat dari bagian dalam maupun bagian luar telur. Kalau dibuka (bagian dalam telur) biasanya ada titik merah.

Adapun bagian luar telur infertil, kata Imron, tidak terlalu kentara sehingga agak sulit untuk dibedakan. Namun, biasanya kulit telur berwarna agak pucat.


Meski sebenarnya telur infertil tak apa untuk dikonsumsi, tetapi telur infertil memiliki risiko terkait pendeknya waku penyimpanan. Oleh karena itu, ada potensi bahaya karena masa simpannya yang relatif pendek. Jika disimpan dalam waktu lama, kualitasnya tidak akan baik.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar