Service cvt motor matic disarankan maksimal setiap 6 bulan atau 6ribu kilometer,tujuannya agar kondisi komponen part bagian cvt tidak cepat uas dan akselerasi motor tetap terjaga juga mengetahui jika ada komponen part yang sudah aus bisa diganti agar tidak mrembet ke part yang lain.
Lalu bagaimana jika kang bro mau bongkar sendiri cvt motor matic,langsung saja silahkan disimak ,maaf jika terlalu buanyak gambarnya, tujuannya biar lebih jelas dan paham cara bongkar pasangnya.
Cara bongkar CVT Yamaha Mio
- Untuk motor mio series harus buka cover paling bawah tujuannya untuk melepas foot step sebelah kiri, lepas saja baut 3 pcs pakai obeng plus lancip.
- Setelah cover terbuka kemudian lepas foot step kiri pakai kunci ring 12 ada 2 baut ukuran 12 disitu.
- setelah foot step dilepas lalu buka cover tutup cvt paling atas untuk mio series, jika motor matic injeksi beda bentuknya tapi sama mesti buka tutup cover filter cvtnya dulu.jika di mio pakai kunci sok 8 sedangkan motor injeksi pakai sok 10.
- Jika sudah kelepas, maka terlihat filter cvt yang sudah kotor banyak debunya.
- Kemudian lepas cover atas cvt pakai sok 8 ada 4 baut disitu.
- Dibagian ujung cover cvt ada baut plus,cukup dikendorkan saja, lihat gambar dibawah ini.
- Jika sudah dikendorkan kemudian lepas cover yang diujung depan cover filter cvt,lihat gambar dibawah, lepas baut ukuran 8 pakai kunci sok 8,cuma ada satu baut.
- Kemudian lepas cover cvt paling belakang yang ada tulisan yamaha, disitu ada 2 baut plus dan 1 baut ukuran 8.
- Semua sudah dilepas sisa satu cover utama lepas semua baut ukuran 8 pakai kunci sok 8, lepas semua baut disekeliling cover cvt dan satu baut di tengah2 cover.
- sekarang terlihat dech jeroan cvt-nya,
- Kemudian lepas mur as cvt depan pakai sok 17, jika kang bro punya impact dan ada kompresor maka lebih mudah untuk membukanya tapi jika tidak ada maka harus manual.
Lihat juga cara bongkar CVT Honda Beat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar