12/11/2020

Prosedur Balik Nama Mobil Bekas

Biaya mutasi dan balik nama motor lewat biro jasa. Untuk menjalani proses balik nama, perlu AutoFamily ketahui bahwa balik nama mobil bekas maupun baru sama-sama dilakukan dalam dua tahap, yaitu pengurusan di Samsat tempat mobil terdaftar dan di tempat Anda berada. Selain itu, AutoFamily juga perlu mencari informasi terkait peraturan untuk balik nama mobil di tempat Anda. Mengapa demikian? Karena setiap daerah biasanya mempunyai syarat atau cara balik nama kendaraan yang berbeda-beda termasuk biaya balik nama mobil bekas. 

Prosedur Balik Nama Mobil Bekas


Langkah pertama, Anda harus mengunjungi kantor Samsat di daerah domisili tempat mobil terdaftar. Setelah mengikuti beberapa prosedur, Anda bisa masuk ke langkah kedua, yaitu datang ke kantor Samsat sesuai domisili KTP. 

Berikut prosedur balik nama mobil tahap pertama (tempat mobil Anda terdaftar):
  • Datangi Samsat di mana mobil Anda terdaftar.
  • Kunjungi loket cek fisik, petugas Samsat akan mengecek fisik mobil Anda termasuk bagian nomor rangka dan nomor mesinnya. Setelah itu Anda harus mengisi formulir yang diberikan sesuai dengan informasi yang tertera di STNK mobil.
  • Setelah itu berikan dokumen yang Anda bawa serta formulir ke petugas samsat untuk mutasi ke samsat tujuan sesuai dengan KTP. Petugas akan memberikan arsip yang berisi dokumen lengkap mobil.
  • Selanjutnya, balik nama mobil diurus ke Samsat tujuan Anda.
Tahap kedua merupakan prosedur balik nama mobil sesuai dengan KTP Anda:
  • Datangi samsat tujuan Anda.
  • Melakukan cek fisik kendaraan, petugas Samsat akan mengecek fisik mobil Anda. Pada saat yang bersamaan, Anda diharuskan mengisi dokumen yang diberikan dari loket 1.
  • Kumpulkan semua dokumen yang diperlukan dan serahkan ke petugas Samsat. Lalu, lanjutkan ke loket mutasi BPKB.
  • Isi formulir yang diberikan dan sertakan fotokopi KTP dan lunasi biaya mutasi balik nama mobil.
  • Serahkan dokumen formulir yang telah diisi dan bukti pembelian mobil Anda ke loket BPKB Online. Anda akan mendapatkan tagihan BPKB Online yang harus dilunasi.
  • Simpanlah bukti pembayaran BPKB Online dan jangan sampai hilang.
  • Lanjutkan ke loket pembayaran untuk membayar biaya STNK dan simpanlah bukti pembayarannya.
  • Kembali ke loket BPKB Online untuk menyerahkan fotokopi STNK dan fotokopi pembayaran pajak STNK
  • Setelah itu, serahkan fotokopi STNK dan pembayaran pajak STNK ke loket Plat Nomor. Anda akan diberikan plat nomor baru.


Dokumen yang Wajib Dibawa

Dalam seluruh proses prosedur mutasi dan balik nama mobil bekas, Anda jangan sampai lupa membawa beberapa dokumen. Ada KTP asli & fotokopi, kuitansi pembelian mobil bekas & versi fotokopi yang sudah dilengkapi materai Rp6.000, serta BPKB asli dan fotokopi. Dengan membawa seluruh berkas ini selama proses yang ada, maka semua bisa berjalan lancar.

Nah, itu dia penjelasan mengenai biaya mutasi dan balik nama mobil bekas beserta prosedurnya. Hal lain yang tidak kalah penting selanjutnya adalah memastikan mobil Toyota bekas AutoFamily selalu dalam kondisi prima dan terawat.  Auto2000 siap membantu AutoFamily memberikan pelayanan dan perawatan terbaik untuk seluruh suku cadang dan perangkat mobil lainnya. AutoFamily juga dapat menikmati berbagai paket layanan service dari kami untuk mendapatkan servis perawatan berkala maupun pekerjaan perbaikan umum yang berkaitan dengan mesin, sasis/rangka kendaraan, serta kelistrikan untuk seluruh model Toyota.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar